JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DIDIK

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DIDIK
Volume 5 - No 1
Tahun Publikasi: Maret 2015
Dwi Suprapti
Download Artikel

Abstract

Motivasi belajar dapat dipandang sebagai pusat proses belajar mengajar. Bagaimanapun baiknya seorang guru dalam mentransferkan mata pelajaran, jika motivasi belajar anak didik diabaikan, maka proses belajar mengajar itu tidak akan menghasilkan tujuan akhir yang baik. Anak didik datang ke sekolah hanya untuk mendengarkan, namun pengetahuan yang diberikan guru tak melekat di otaknya. Bertitik tolak pada hal tersebut, dapat dinyatakan betapa pentingnya melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan motivasi belajar anak didik. Sehingga mereka datang ke sekolah tidak hanya mendengarkan dan melihat, tetapi juga mengerti lantas mencatat pengetahuan yang diterima dari guru. Dalam usaha meningkatkan motivasi belajar anak didik, guru hendaknya mempertimbangkan faktor-faktor yang erat hubungannya dengan motivasi itu sendiri. Faktor-faktor tersebut antara lain : perangsang (stimulus), minat, taraf intelegensi serta lingkungan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, usaha untuk meningkatkan motivasi belajar anak didik akan lebih cepat berhasil. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar itu antara lain : membangkitkan minat siswa, memberi ganjaran dan hukuman, memberi contoh yang positif, merangsang pencapaian tujuan, memperjelas tujuan yang hendak dicapai, menciptakan situasi persaingan, memadukan motif-motif kuat yang sudah ada, memberitahukan hasil yang dicapai anak didik dalam belajar serta memberikan bimbingan karier kepada anak didik secara kontinyu

Keyword

motivasi belajar, anak didik
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak